Tips Menabung

Bookmark and Share

Anda mungkin menemukan kesulitan untuk menabung, padahal Anda punya penghasilan / kiriman uang (bagi Anda yang masih Kuliah) yang menurut Andapun cukup dan bahkan Anda tidak mempunyai hutang di manapun. Jadi, di mana masalahnya? Masalahnya adalah Anda terbiasa menghabiskan seluruh uanga Anda setiap bulannya dan Anda tidak sanggup untuk mengubah kebiasaan tersebut.

Berikut ini adalah tips menabung dengan mudah, yang dapat membantu Anda untuk menyimpan uang dengan lebih baik ;


1. Pay Your Self First

Seringkali kesulitan menabung bukan terletak pada karena tidak adanya uang, tetapi lebih tepatnya lagi tidak ada lagi sisa uang yang bisa ditabung. Jadi, kenapa harus menunggu ada sisa uang terlebih dahulu. Karena itu ubahlah kebiasaan Anda dan mulailah dengan membayar tabungan Anda terlebih dahulu sebelum Anda membayar kebutuhan hidup (berbelanja kebutuhan sehari-hari). Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir lagi apakah di akhir bulan ini Anda masih punya uang atau tidak untuk ditabung.



2. Jadikan Tabungan Sebagai Pos Pengeluaran

Pada tiap bulannya, sebelum Anda membelanjakan uang Anda / untuk pengeluaran apapun itu, maka bayarlah sejumlah uang untuk pengeluaran pada tabugan Anda. Jadi, masukan pos pengeluaran untuk tabungan sebagai pos pengeluaran rutin tiap bulan (lebih baik pada awal bulan). Anggaplah menabung sebagai kegiatan / pegeluaran rutin tiap bulannya. Sama seperti Anda membayar cicilan hutang, biaya rumah, listrik, PDAM, makanan, transportasi, dsb.


3. Jangan Remehkan Uang Receh

Jangan pernah membayar dengan uang logam. Berbelanjalah hanya dengan uang kertas saja. Jika Anda dapat kembalian uang logam (recehan), masukanlah uang tersebut ke dalam celengan (celengan ayam, babi, kaleng, dsb… He.he.he). Jangan dibuka sebbelum benar-benar penuh sesak, jika sudah penuh masukkanlah ke dalam rekening Anda di BANK. Besarnya uang logam yang Anda masukkan dalam celengan, bisa Anda tentukan sendiri. Misalnya uang logam senilai Rp 100,- dan Rp 500,- atau hanya Rp 1000,- saja atau kalau perlu semua jenis uang logam (tentunya yang masih berlaku, donk).



4. Miliki Rekening Khusus Tabungan

Kesulitan orang pada umumnya dalam mengelola keuangan sehari-hari disebabkan karena tidak adanya kejelasan antara pengeluaran untuk keluarga, pengeluaran pribadi, dan pengeluaran untuk investasi (berinvestasi penting, guna menjaga keuangan Anda. Investasi beraneka ragam, tergantung Anda mau berinvestasi di mana). Karena itu sebuah keluarga sebaiknya memiliki sebuah rekening khusus yang digunakan untuk membiayai pos-pos pengeluaran keluarga dan pengeluaran pribadi. Sedangkan rekening khusus tabungan sebaiknya juga dibuat terpisah agar akumulasi dana yang terkumpul untuk tujuan keuangan yang ingin dicapai tidak terpakai untuk pengeluaran lain. Dengan kata lain, Anda punya tabungan di BANK lebih dari satu nomor rekening.



5. Naikkan Setoran Tabungan Tiap Kali Penghasilan / Kiriman Anda Naik

Setiap kali Anda mendapat uang lebih seperti bonus tahunan / THR, dsb. Maka sisihkanlah terlebih dahulu untuk menambah tabungan Anda. Begitu juga jiga gaji / kiriman uang Anda naik, maka naikkan juga jumlah setoran rutin tabungan Anda.



6. Gunakan Fasilitas Autodebet

Gunakan fasilitas transfer atau pemindah bukuan otomatis dari BANK dari rekening gaji Anda, agar setiap bulannya pada tanggal gajian BANK langsung mentransfer sejumlah uang ke rekening khusus tabungan Anda. Dengan demikian Anda tidak perlu repot-repot datang ke BANK atau ATM untuk melakukan transfer atau pemindahan bukuan.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar