Sikap dan Penampilan Seorang Profesional

Bookmark and Share
Seorang yang profesional, selain memiliki keterampilan yang memadai untuk melaksanakan tugasnya, juga harus memiliki sikap-sikap positif dalam menjalankan profesinya. Sikap dasar yang harus dimiliki tergambar dalam 3 (tiga) aspek, yaitu ; kepribadian, penampilan, dan caranya bekerjasama dengan orang lain.

1.  Kepribadian
Kepribadian adalah suatu aspek kejiwaan yang dimiliki seseorang, yang memiliki peranan sangat penting dalam kehidupannya. Kepribadian tampak dalam sikap, perilaku, dan tutur bahasa individu tersebut. Sikap terbentuk oleh adanya kebiasaan atau pengalaman, karenanya sikap bisa diubah. Kepribadian yang diharapkan dari seseorang yang profesional antara lain :

a.  Sopan Santun dan Ramah Tamah
Beberapa contoh kesan seseorang yang sopan dan ramah adalah :
-     Ketika berbicara, suaranya jelas dan memiliki irama yang menyenangkan,
-     Selalu tersenyum saat berbicara,
-     Mengucapkan salam kepada setiap orang yang ditemui,
-     Tidak memotong pembicaraan orang lain.

b.  Jujur dan Selalu Siap Menolong
Jujur adalah selalu berkata benar sesuai tuntutan hati nurani. Orang yang jujur tidak akan mengambil apapun yang bukan haknya, sehingga ia selalu terasa menyenangkan bagi orang yang ada di sekitarnya. Kejujuran dapat membuat seseorang dipercaya dalam melaksanakan tugas yang diberikan kepadanya.

c.   Tepat Waktu
Tepat waktu diperlukan dalam bekerja dan memberikan pelayanan profesi pada orang lain. Orang yang tidak tepat waktu seringkali merugikan bagi orang lain, terutama relasinya/mitra kerjanya. Dapat dibayangkan betapa kecewanya orang lain yang Anda biarkan menunggu, karena Anda terlambat datang dari waktu yang telah dijanjikan sebelumnya. Padahal, bisa saja orang yang sedang menunggu Anda juga memiliki keperluan lain yang tidak kalah pentingnya.

d.  Menjaga Perasaan Orang Lain & Memiliki Rasa Toleransi
Dalam berinteraksi secara profesional, kita wajib menjaga perasaan orang yang bekerjasama dengan kita, dengan cara berempati kepada orang tersebut. Mungkin ia membutuhkan bantuan dan perhatian, atau bahkan memiliki masalah pribadi sehingga kita harus memperlakukannya dengan sebaik-baiknya dan penuh pengertian.

e.   Mampu Mengendalikan Emosi
Seorang yang profesional mampu menjaga emosinya dengan baik. Ia diharapkan untuk tidak mudah bertindak secara berlebihan dalam segala situasi. Semua yang dihadapinya, baik itu klien atau teman seprofesi, dapat ditangani dengan tenang dan penuh kesabaran. Ketenangan dalam berinteraksi dapat membantu kita untuk mencapai hasil yang maksimal.


2.  Penampilan
Penampilan adalah gambaran fisik yang bisa dilihat secara fisik/kasat mata oleh orang lain. Penampilan yang benar adalah bila ada keserasian dengan kepribadian, serta keserasian warna dan bentuk tubuh dari orang yang mengenakannya. Penampilan yang menunjukkan sikap profesionalisme seseorang, dapat kita lihat dalam :

a.  Keadaan Tubuh, yaitu :
-     Cara berpakaian (tata busana),
-     Tata rias (rambut, wajah, kumis, dsb),
-     Kebersihan rambut, tangan, dan kuku,
-     Kesehatan : gigi, kulit, tubuh.

b.  Kebiasaan, meliputi :
-     Kebiasaan merokok,
-     Cara bersin,
-     Cara membuang sampah sembarangan,
-     Cara duduk, berdiri, berbicara, dan berjalan.

3.  Cara Bekerjasama dengan Orang Lain
Pada dasarnya, seorang individu tidak mampu hidup sendiri, sebab ia akan selalu membutuhkan orang lain untuk bisa memenuhi kebutuhannya. Dengan bekerjasama, banyak manfaat yang diperoleh seperti : dapat membantu memecahkan masalah, menambah keyakinan akan kemampuan, bisa menciptakan iklim kerja yang sehat, dan mengurangi beban kerja yang berat. Seseorang profesional akan mampu bekerjasama dengan orang lain dalam tim (mampu menyesuaikan diri dengan baik), sehingga dengan mudah bisa mencapai tujuan yang diharapkan.

KLIK DI SINI, Jika Anda ingin mendownload artikel ini (versi PDF)..


Thank’s to my Honey, yang telah memberikan inspirasi untuk membuat tulisan ini.

{ 3 komentar... Views All / Send Comment! }

Anonim mengatakan...

Hhmmm.... good posting. Learn more about attitude. GBU. Thank's

Mr. Tio mengatakan...

@AnonimTrim's..

Pembesar penis mengatakan...

Mas kalau untuk pemula pebisnis online sebaiknya seperti apa?

Ini produk import Obat Pembesar Penis Alami silahkan baca dengan baik pasti masalah terpecahkan...

Posting Komentar