Rahasia Merekrut Orang Pintar Part I

Bookmark and Share

   Tentu anda sangat setuju apabila saat ini sangat sulit untuk mengandalkan pendapatan hanya dari satu sumber. Apalagi tidak ada jaminan kepastian bahwa sumber utama pendapatan kita, dapat dijadikan andalan selamanya. Maka, begitu banyak kita temui orang berlomba-lomba mencari sumber pendapatan lain untuk tambahan pemasukan, bahkan dijadikan sebagai alternatif sumber pendapatan jika sumber pendapatan yang selama ini dijadikan andalan sudah tidak dapat diandalan lagi. Kebanyakan dari mereka memulai bisnis dari rumah.

         Kebanyakan dari mereka yang telah berhasil membangun sumber pendapatan lain berusaha menjadikannya sebagai sumber tetap pengganti sumber pendapatan yang selama ini mereka andalkan. Ini dikarenakan hasilnya lebih baik. Ada pula sebagian dari mereka tetap menjadikannya sebagai ekstra pemasukan, yang tetap membuat mereka sibuk dengan pekerjaan yang menjadi sumber utama pendapatan mereka dan menikmati kehidupan yang sebelumnya belum pernah mereka rasakan sebelumnya.

Namun hal terpenting adalah mereka berani melakukan sesuatu yang baru , dan mereka berhasil mengubah kehidupan mereka menjadi lebih baik! Dan tentu Anda pun dapat melakukannya juga! Begitu beragam jenis bisnis yang dapat Anda jalankan. Jika Anda mahir mengetik dengan komputer, Anda dapat memulai membuka usaha jasa pengetikan; Jika Anda punya kemahiran memperbaiki kendaraan, tidak ada salahnya Anda mulai usaha Anda dengan membuka bengkel; atau hanya dengan mengumpulkan koran bekas saja, Anda dapat segera memulai usaha Anda sendiri dengan mensuplai koran bekas ke pendaur ulang kertas bekas. Jadi tersedia begitu lahan ide yang dapat Anda gunakan untuk memulai usaha Anda sendiri dari rumah. Hal pertama yang biasanya seseorang lakukan adalah melakkukan market research. Dengan mencari berapa banyak orang-orang yang tinggal di sekitar kita yang tertarik dengan produk atau jasa yang kita tawarkan, dan mereka mau dan mampu membelinya. Atau bidik calon pangsa pasar potensial kita. Selanjutnya, buatlah rencana bisnis sedetail dan setepat mungkin, yang mencakup hal-hal apakah yang harus dilakukan, semua biaya yang dibutuhkan (investasi dan modal kerja), rencana promosi dan penjualan, serta alokasi waktu yang harus kita sisihkan untuk mengurus bisnis tersebut.

Sering terjadi, karena begitu bersemangat dan berambisinya untuk segera memiliki usaha atau bisnis sendiri, mereka tidak mempersiapan rencana bisnis mereka dengan baik. Akibatnya, tiba-tiba muncul biaya diluar perkiraan dan ternyata waktu yang harus mereka sisihkan begitu banyak, diluar kemampuan mereka. Maka, sebelum memulai membangun usaha Anda, ambilah secarik kertas. Tuliskan rencana bisnis anda secara detail, tepat dan sejelas mungkin. Semakin baik rencana bisnis yang Anda buat, maka semakin besar pula peluang Anda untuk sukses membuka usaha sendiri.
 
Apapun jenis usaha yang kelak akan Anda geluti, Anda harus menyediakan modal dan waktu yang memadai, yang dapat menjamin usaha Anda dapat berjalan minimal dalam waktu enam (6) bulan pertama. Lalu, jangan gunakan atau Anda sisihkan untuk keperluan pribadi Anda, semua pendapatan usaha Anda. Seluruh pendapatan usaha Anda selama enam bulan pertama harus Anda investasikan kembali dalam usaha Anda, untuk menumbuhkan usaha Anda dan mencapai target yang telah direncanakan dalam rencana bisnis Anda.
 
Setelah melewati enam bulan pertama, Anda dapat mulai menyisihkan sebagian pendapatan usaha Anda untuk membayar honor atau gaji bagi Anda sendiri, dan mulai menikmati hasil kerja keras Anda. Tapi, enam bulan pertama bagi semua bisnis adalah merupakan periode paling kritis. Maka jangan Anda rencanakan untuk menggunakan seperser pun uang yan dihasilkan dari bisnis Anda selama periode tersebut.
Bila Anda telah membuat rencana bisnis yang baik, lalu Anda jalankan dengan disiplin, maka pada akhir tahun pertama Anda harus sudah mulai merencanakan merekrut orang untuk meringankan beban kerja Anda. Ingatlah, memulai usaha sendiri bukan berarti Anda harus terus sibuk dengan pekerjaan Anda. Pada akhirnya, Anda harus merekrut orang lain agar mereka mengurusi semua pekerjaan dalam bisnis Anda, sehingga Anda akan terus menerima penghasilan dari hasil usaha pertama Anda. Bahkan selama Anda berlibur sekalipun, usaha Anda tetap mampu memberikan income bagi Anda… Biarkan orang lain yang mengembangkan bisnis Anda…
Di paragraf terakhir diatas menjadi sangat menarik. Dituliskan bahwa “ Anda harus merekrut orang lain agar mereka mengurusi semua pekerjaan dalam bisnis Anda …” inilah yang akan menjadi pokok pembahasan tentang bagaimana Strategi mempekerjakan orang-orang pintar, yang menguasai berbagai bisnis yang Anda inginkan bagi kerajaan Bisnis milik Anda Sendiri.

Lanjut Baca Lagi, KLIK DI SINI

{ 2 komentar... Views All / Send Comment! }

Lulus Sutopo mengatakan...

Salam kenal sobat
Ayo lanjutkan postingannya dan sukses selalu

Anonim mengatakan...

Mantap, Bro.... Keep spirit.

Posting Komentar